Artikel

Penyebab Warna Pada Pakaian Luntur

Penyebab Warna Pada Pakaian Luntur

Penyebab Warna Pada Pakaian Luntur – Pakaian yang berwarna sudah pasti menggunakan pewarna pakaian yang berbahan dasar bahan kimia. Seringkali, jika pakaian yang disimpan terlalu lama akan rusak. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada pakaian adalah warna pada pakaian yang luntur. Apa saja penyebab dari pakaian luntur?

  1. Pakaian Memiliki Bahan yang Memang Mudah Luntur

Hal ini tentunya Anda sudah tahu bahwa terdapat beberapa jenis bahan pakaian yang warnanya memang mudah luntur. Jika sudah begitu bukan berarti Anda tidak usah mencucinya karena takut luntur tapi cucilah pakaian yang mudah luntur tersendiri dan tidak boleh direndam terlalu lama. Jika sudah dicuci segera peras sampai kering dan segera jemur tapi tidak di bawah sinar matahari langsung.

  1. Pakaian Dicuci Tanpa Dipilah

Oleh karena itu penting sekali memilah pakaian sebelum dicuci. Selalu kelompokkan pakaian yang berwarna putih tersendiri dari pakaian berwarna, selain itu kelompokkan juga pakaian yang mudah luntur dengan yang tidak. Kalau perlu cuci pakaian yang mudah luntur tersendiri agar tidak mengena dengan pakaian yang lain.

  1. Pakaian Direndam Terlalu Lama

Walaupun bahan pakaian tidak mudah luntur tapi jika direndam terlalu lama juga dapat menyebabkan warna yang terdapat di serat kain juga luntur. Jadi jika pakaian tidak terlalu kotor cukup rendam pakaian paling lama 5 – 10 menit dan kalaupun kotor tetap tidak boleh terlalu lama tapi dibantu dengan penggunaan detergen dan dikucek sedikit agar kotoran cepat lepas.

  1. Suhu Air yang Terlalu Panas

Beberapa jenis bahan pakaian tidak tahan terhadap suhu panas sehingga jika Anda mencuci menggunakan mesin cuci dengan pengatur suhu sebaiknya baca baik-baik label pakaian Anda karena ditakutkan suhu panas dapat merusak serat kain dan melunturkan warnanya.

  1. Pemilihan Jenis Detergen yang Salah

Saat ini banyak sekali jenis detergen pencuci pakaian dan beberapa diantaranya tidak baik untuk warna pakaian. Sebaiknya pilihlah jenis detergen khusus pakaian berwarna jika ingin mencegah baju tidak mudah luntur.

  1. Pakaian Tidak Diperas Dengan Sempurna

Proses memeras pakaian yang tepat juga mampu mencegah pakaian tidak mudah luntur. Karena jika pakaian masih basah dan langsung dijemur maka tetesan air dari serat kain juga akan membawa serta warna pada serat pakaian sehingga menjadi pudar dan luntur.

  1. Proses Penjemuran Pakaian yang Tidak Tepat

Tak hanya proses pencucian yang salah, proses penjemuran yang kurang tepat juga dapat membuat pakaian menjadi luntur, misalnya dijemur di bawah sinar matahari langsung yang akan memudarkan warna pada pakaian.

  1. Proses Menyetrika Pakaian yang Salah

Seperti halnya penggunaan suhu air yang salah, jika ada salah menggunakan jenis setrika listrik dengan pengatur suhu dan mengatur suhu yang salah pada pakaian juga dapat membuat warna pakaian menjadi pudar dan merusak serat kain.  Jadi tidak selamanya pakaian luntur disebabkan oleh kesalahan pabrik yang memang menghasilkan jenis bahan pakaian yang mudah luntur karena cara Anda merawat pakaian Anda juga berpengaruh dengan kondisi pakaian Anda. Mencegah pakaian tidak luntur juga merupakan salah satu cara untuk merawat pakaian kesayangan Anda tetap awet dan tahan lama.

JASA SABLON KAOS JOGJAJasa Sablon Kaos | Jasa Sablon Kaos Jogja| Jersey | Polo | Reglan | Gelas | Kami perusahaan profesional yang melayani jasa sablon untuk pakean atau untuk gelas dan objek-objek lainnya. sudah ribuan projek sablon dalam berbagi objek tersebut sudah kami tangani. mulai dari perusahaan besar ataupun untuk personal. Lebih dari 5 tahun kami melayani kebutuhan berbagai macam sablon custemer kami. Lakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di WA : 081213670762

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *