sablon kaos murah jogja
Artikel

Manfaat Nitrit Untuk Batik Napthol

sablon kaos murah jogjaMANFAAT NITRIT UNTUK BATIK NAPTHOL

Sablon Kaos Murah Jogja – Apa yang kalian ketahui tentang nitrit? Iya benar sekali nitrit salah satu zat pembantu dalam proses mewarnai batik dengan pewarna napthol. Lantas apa sih manfaat dan fungsi dari zat nitrit? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Fungsi Zat Nitrit

Sebelum kita mulai membahas kegunaan sodium nitrit ini, ada baiknya pembaca yang belum mengenal mengenai pewarna naptol untuk membuka halaman berikut ini. Di dalam artikel tersebut kami sempat mengulas beberapa hal yang berkaitan dengan pewarna napthol.

Natrium Nitrit berfungsi sebagai bahan pembantu dalam pewarnaan batik menggunakan pewarna jenis napthol, ini barangkali sudah lazim diketahui oleh banyak kalangan. Pasalnya kita semua sudah banyak yang paham bahwa yang namanya pewarna batik, selalu membutuhkan yang namanya pembantu. Jika dalam beberapa artikel ke belakang kami sempat membahas beberapa jenis pembantu untuk pewarna rhemasol, seperti soda ash, soda kue, serta water glass, maka dalam kesempatan kali ini kami dari Batik Merang ingin menyampaikan perihal kegunaan sodium nitrit dalam pewarnaan menggunakan pewarna napthol.

Natrium Nitrit ini memiliki bentuk semacam bubuk tapi lebih padat sehingga nitrit seringkali kita temukan menggerombol atau menggumpal. Akan tetapi meskipun bentuknya menggumpal, sodium nitrit termasuk mudah larut dalam air. Kita bisa dengan mudah melarutkan bubuk natrium nitrit ini bahkan dengan air adem biasa.

Nitrit dalam pewarnaan napthol harus pula dibarengi dengan penggunaan air keras. Nah, dalam artikel mengenai tata cara penggunaan pewarna jenis napthol kami sempat menguraikan mengenai kebergunaan natrium nitrit yaitu digunakan untuk warna yang kedua. Misal untuk membuat warna biru donker, maka kita menakar pewarna yang dinamai BRBC sekaligus natrium nitrit ini, serta jangan lupa, berikan juga air keras.

Untuk takarannya, sodium nitrit dalam pewarnaan napthol ini dosisnya harus pas yaitu setara dengan bubuk pewarnanya. Misal BRBC seberat 25gr maka nitrit-nya juga sama 25gr. Sedangkan untuk takaran air kerasnya separuh dari itu atau 12,5gr.

Adapun untuk langkah pelarutan pewarna napthol yang kedua ini, sebaiknya begini:
Larutkan bubuk pewarnanya dulu (misal BRBC) ke dalam sebuah wadah (ember dlsb) menggunakan air adem biasa. Kemudian berikan air keras ke dalamnya sesuai takaran. Baru kemudian yang terakhir masukkan sodium nitritnya.

Natrium Nitrit. Gambar dari Alibaba.

Di luar penggunaan untuk batik, nitrit hampir bisa disebut tidak bisa dimanfaatkan layaknya soda ash yang bisa dipakai untuk membunuh rumput liar. Karena memang sejauh pantauan kami, sodium nitrit ini hanya dipakai sebagai bahan pembantu bagi napthol basah. Untuk itu, sementara kita simpulkan dulu bahwa tidak ada kegunaan lain dari nitrit selain sebagai pembantu bagi warna kedua dalam teknik pewarnaan memakai naptol.

Baiklah pembaca blog Batik Merang sekalian, kami kira cukup sampai di sini dulu penjelasan mengenai kegunaan atau fungsi natrium nitrit dalam proses pewarnaan menggunakan pewarna jenis napthol. Demikianlah artikel ringkas ini kami sajikan. Semoga, walau sedikit, memberi manfaat bagi kita semua, terutama bagi kita yang sedang belajar mengenai pewarna batik dengan pembantu utama yaitu Sodium Nitrit.

Sekian dulu dari kami ulasan mengenai fungsi nitrit ini kami rangkumkan. Semoga bermanfaat, salam tangan membatik.

JASA SABLON KAOS JOGJAJasa Sablon Kaos | Jasa Sablon Kaos Jogja| Jersey | Polo | Reglan | Gelas | Kami perusahaan profesional yang melayani jasa sablon untuk pakean atau untuk gelas dan objek-objek lainnya. sudah ribuan projek sablon dalam berbagi objek tersebut sudah kami tangani. mulai dari perusahaan besar ataupun untuk personal. Lebih dari 5 tahun kami melayani kebutuhan berbagai macam sablon custemer kami. Lakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di WA : 081213670762

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *